Pusing Blogger : Api unggun

Api unggun

Api unggun




Malam itu indah dan penuh kedamaian. Bintang-bintang berkilauan di atas kepalanya karena mereka tidak akan pernah berada di kota dan jangkrik memenuhi hutan dengan lagu. Dyani duduk di atas tikarnya dan menatap liontin terbuka di tangannya. Sebuah gambar kecil menunjukkan ibunya sedikit di depan ayahnya melihat ke atas sementara lengannya memeluknya dan kepalanya dimiringkan ke arahnya. Bahkan dengan gambar kecil itu, dia melihat kehangatan di mata ibunya dan kilauan kegembiraan di mata ayahnya.

Dia menarik napas dalam-dalam, sudah lama sejak terakhir kali dia berada di sini. Udara dipenuhi dengan bau api unggun dan bercampur dengan bau bunga musim panas yang menyebar ke seluruh lantai hutan. Bunga-bunga memberi tempat ini bau yang paling menakjubkan. Dyani ingat pertama kali dia bermalam di sini. Dia telah berusia sepuluh tahun dan ayahnya sangat bersemangat untuk menunjukkan tempat ini padanya. Dengan napas dalam-dalam lagi, dia meletakkan liontin itu kembali di lehernya, menutup matanya, dan fokus pada aromanya. Dia membiarkannya mengambilnya kembali.

***

"Dyani! Ayo si kecil kita hampir sampai." Ayahnya balas menatapnya dengan mata coklat tua. Hari ini adalah kencan ayah-anak bulanan, tetapi biasanya dia membawanya ke bioskop. Mereka telah berjalan selamanya, tetapi ayah masih tampak begitu yakin sewaktu dia memimpin jalan melewati pepohonan.

Meski lelah, Dyani hanya terkikik dan menjawab, "Tapi kamu mengatakan itu 10 menit yang lalu!" Dia hanya mengedipkan mata dan berbalik ke jalan yang tak terlihat. Hutan ini indah, di sekelilingnya ada jutaan bunga berwarna-warni. Sinar matahari yang hangat menyinari kelopaknya yang bercahaya melalui pepohonan tinggi. Dengan setiap tarikan napas, aroma manis memenuhi paru-paru Dyani.

Di depan, ayahnya melambat dan berhenti hanya sebentar dari tirai hijau yang lembut. Dia menoleh ke belakang dengan mata berbinar dan seringai lebar, "Kamu siap Dyani?" Mulutnya langsung tumbuh menjadi senyuman saat dia mendekatinya dan dengan penuh semangat mengangguk, perjalanan panjang itu benar-benar terlupakan.

Ayahnya terus mengawasinya saat dia meraih lumut dan membuka tirai. Dyani tidak bisa menahan napas yang keluar dari mulutnya saat matanya tertuju pada tempat terbuka yang indah yang dipenuhi rumput dan bunga-bunga kuning kecil. Seolah-olah dalam keadaan kesurupan, kaki Dyani membawanya ke tempat terbuka saat dia berputar dalam lingkaran lambat mengambil semuanya. Kakinya menyentuh rumput yang lembut, menyebabkan bilahnya menari.

Dia menyelesaikan giliran keduanya dan matanya tertuju pada ayahnya yang menyeringai seperti seseorang yang baru saja memenangkan lotre. Seketika, kaki kecilnya mendorong dirinya kembali melalui rumput dan dia meluncurkan dirinya ke dalam pelukannya. Dia dengan mudah menangkapnya dan tertawa saat dia berputar sekali sebelum menenangkannya kembali. Dyani memeluk lututnya dan berseru, "Ayah, ini ajaib! Apakah ada peri di sini?"

Tawanya memenuhi udara dan dia menggelengkan kepalanya, "Ini adalah tempat ajaib yang dipenuhi dengan kedamaian dan cinta. Aku punya cerita untuk diceritakan padamu si kecil, jadi datanglah." Dyani langsung meraih tangannya yang terulur dan mengikutinya melewati tempat terbuka. Dia tidak bisa membantu tetapi mengulurkan tangan dan menyikat tangannya di rumput dan bunga saat mereka lewat. Mata cokelatnya menatap lebar dengan heran.

Di tengah-tengah tempat terbuka ada batu datar besar yang memiliki lingkaran batu kecil di tengahnya. Ayahnya mengayunkan tas dari bahunya dan ke atas batu sebelum mengangkat Dyani. Dia berdiri dan bergerak ke tengah saat dia melihat sekeliling. Dari sini, dia bisa melihat seluruh tempat terbuka. Dia praktis bisa melihat peri kecil yang akan menari melalui pepohonan dan semua makhluk lain yang dia baca tersembunyi di hutan. Tempat terbuka itu sepertinya memberikan mantra perdamaian kepada siapa pun yang melangkah ke dalamnya.

Ayahnya sedang membuka beberapa tikar ke tanah dan Dyani bergerak untuk membantu ayahnya menyiapkan tempat tidur kecil mereka. Tawa mereka memenuhi area yang tenang saat mereka bercanda dan sedikit bercanda sementara ayahnya menunjukkan kepadanya bagaimana membangun api di dalam bebatuan. Segera mereka duduk bersebelahan makan hotdog. Kemudian marshmallow dikeluarkan.

"Baiklah, Dyani. Aku berhutang budi padamu." Dia mendongak untuk melihat apa yang tampak seperti debu peri di mata ayahnya; suaranya memenuhi malam, "Bertahun-tahun yang lalu, tepat sebelum kamu lahir, aku memutuskan untuk pergi mendaki. Saya pikir saya telah merencanakan semuanya dengan benar, tetapi saya akhirnya tersesat. Matahari terbenam dan saya masih belum mencapai tempat yang seharusnya saya dirikan dan saya mulai takut.

"Akhirnya, saya tersandung ke tempat terbuka ini. Saya merasakan kedamaian yang aneh begitu saya masuk dan saya memasang cincin api ini. Saya tahu bahwa begitu matahari terbit, saya akan dapat mengetahui ke arah mana Utara dan menuju ke sana. Tempat terbuka ini tampaknya menjadi berkah dari alam.

"Sewaktu saya berbaring malam itu, saya teringat kisah-kisah yang ayah saya ceritakan kepada saya tentang leluhur kami. Kisah orang-orang yang akan menghilang di hutan dan dibimbing keluar dalam beberapa cara. Cerita yang saya harapkan sebenarnya mungkin.

"Keesokan paginya saya terbangun dengan suara aneh dan tepat di sana," ayah menunjuk ke jalan yang telah kami masuki, "Saya melihat seekor rusa. Awalnya, saya hanya melihatnya saat dia memperhatikan saya. Matahari sudah terbit, jadi saya harus bangun dan perlahan-lahan mulai menyimpan barang-barang saya. Saya kaget ketika dia tidak melarikan diri. Dia tetap diam sampai saya berkemas dan kemudian rusa itu berbalik dan pindah ke tepi pohon hanya untuk melihat kembali ke arah saya dan menunggu.

"Saya tidak yakin, tetapi saya mengambil kesempatan itu dan memutuskan untuk mengikutinya ke hutan. Saya terus memikirkan kembali kisah-kisah yang diceritakan ayah saya. Tidak lama setelah saya mulai mengikutinya, hutan berakhir dan saya menemukan tempat parkir di mana mobil saya sedang menunggu." Ayahnya tertawa kecil dan berkomentar, "Saya bahkan tidak menyadari bahwa saya sedekat itu.

"Jika rusa itu tidak membawa saya ke tempat yang aman, siapa yang tahu di mana saya akan berakhir. Saya ingin berterima kasih kepada rusa, tetapi ketika saya kembali ke tempat rusa itu berada, dia pergi. Saya belum pernah mendengar dedaunan berdesir atau apa pun, tetapi dia sudah pergi.

"Aku berbisik, 'terima kasih' dan pergi ke mobilku. Aku pulang ke rumah dan menceritakan kisahnya kepada ibumu. Dia kaget tapi masih percaya padaku. Saya ingin berbuat lebih banyak untuk berterima kasih kepada rusa. Jadi kami memutuskan untuk menamai Anda Dyani, yang berarti rusa, dan saya juga telah kembali ke tempat terbuka ini beberapa kali. Saya selalu berharap untuk melihatnya, tetapi saya belum melihatnya lagi."

Dia mengalihkan pandangannya kembali ke Dyani. Debu peri masih menari di matanya, dia dengan lembut berkata, "Dyani, dari sinilah namamu berasal."

Dyani menatap ayahnya dengan kagum, dia belum pernah mendengar cerita itu sebelumnya. Dia tahu namanya berarti rusa, tapi sekarang dia tahu kenapa. Rusa itu membawa ayahnya kembali kepadanya dan ibunya. Dyani melihat sekeliling tempat terbuka dengan kagum. Tempat ini benar-benar ajaib. Tidak lama setelah itu makanan disingkirkan dan mereka tertidur.

***

Dia membuka matanya untuk menikmati malam. Setiap tahun ayahnya membawanya kembali ke tempat ini, bahkan setelah dia lulus dan berangkat ke universitas. Mereka tidak pernah melewatkan satu tahun pun, tidak sampai 5 tahun yang lalu. Dia melihat sekeliling tempat terbuka saat air mata mengalir di pipinya saat dia mendapati dirinya sendirian di tempat khusus ini.

Kehilangan mendadak bukan hanya ayahnya, tetapi ibunya telah menghancurkan hatinya dan ini adalah pertama kalinya dalam lima tahun dia memiliki keberanian untuk datang. Ini adalah pertama kalinya dia datang sendiri. Air mata terus mengalir dari matanya saat dia mengingat tawa yang pernah memenuhi tempat terbuka ini.

Suara gerakan menarik mata Dyani ke pintu masuk ke tempat terbuka. Dia membeku saat uang besar memasuki tempat terbuka, kakinya menyapu rumput yang lembut. Dyani bertemu dengan mata coklat gelapnya yang sepertinya dipenuhi debu peri.

Beberapa detik kemudian seekor rusa betina meninggalkan pepohonan dan bergerak di sebelah uang. Mata rusa betina itu hangat dan dia memiringkan kepalanya ke atas untuk bergesekan dengan uang, yang langsung merespons dengan menundukkan kepalanya. Setelah beberapa saat, mereka menarik diri dan kembali menatap Dyani. Dia mendapati dirinya meraih liontin itu dan tersenyum lembut. Tempat ini benar-benar ajaib.

."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Pusing Blogger