Pusing Blogger : Pianis

Pianis

Pianis




Saya kira ketika saya berada di open house untuk apartemen, pemiliknya telah melemparkan pesona pembungkaman. Saya berjanji, tidak ada suara yang menembus dinding yang sekarang saya tahu sangat tipis selama setengah jam itu. Dan tidak apa-apa, selama beberapa minggu setelah saya pindah. Pipa-pipa itu mengerang dan AC mengeluh, tetapi para tetangga jinak di dalam kotak kecil mereka. Tidak ada yang membuatku terjaga di malam hari. Yaitu, sampai pianis pindah ke sebelah.


Kontradiksi berjalan, pakaiannya terlalu besar dan kepribadiannya terlalu kecil; dia meminta maaf hanya karena berjalan melewati saya di lorong, namun tantangan yang tenang menjawab permintaan saya agar dia dan pianonya diam pada jam 10 malam. Mungkin akan berbeda seandainya dia menjadi seniman yang lebih berbakat. Mungkin sampul Frank Sinatra akan menjadi tidak sensitif saat makan malam jika dimainkan bahkan dari jarak jauh dekat dengan kunci yang tepat. Pada awalnya, saya berharap dia akan bosan memainkan karya yang sama selama berminggu-minggu sebelum itu dapat dikenali. Saya menawar waktu saya dengan earbud masuk dan kesabaran menggelegak di dekat permukaan. Namun, setelah sebulan atau lebih, menjadi jelas bagi saya bahwa ini bukan fase, tetapi gaya hidup, dan yang harus saya cegah dengan segala cara. Saya menunggu sampai saya mendengar dia pulang kerja. Selalu ada jeda sepuluh menit antara kedatangannya dan dimulainya jazz dengan waktu yang buruk dan klasik yang tidak penting. Saya mencolokkan speaker saya dan memainkan musik yangbagus: AC / DC, beberapa lagu Queen, dan berdoa dia mengerti maksudnya. Dan itu berhasil! Tidak ada piano yang menembus kedamaian saya malam itu.


Namun, keesokan harinya, saya mendengar nada gemetar dari "Bohemian Rhapsody" yang tidak pasti sebagai balasan - lagu yang telah saya akhiri konser saya dengan malam sebelumnya. Oh, itu aktif. Saya mencoba merekrut tetangga, tetapi apartemen pianis berada di ujung aula dan satu-satunya penyewa yang cukup dekat untuk mendengarnya selain saya sendiri adalah seorang lelaki tua yang hanya menolak alat bantu dengarnya ketika piano dimulai. Dia bahkan mengaku menjual barang malang itu padanya! Saya berbicara dengan pemiliknya. Tidak ada yang terjadi. Saya kembali ke tetangga saya yang sudah tua dan bertanya kepadanya model keyboard apa itu. Kemudian saya membeli headphone untuk pianis, sehingga dia bisa mencolokkannya ke keyboard. Keesokan harinya, membawa surat, sebuah paket dengan nama saya di atasnya dan tidak ada stempel yang mengirimnya kembali kepada saya. Saya tertawa. Dia jelas tidak tahu dengan siapa dia berurusan.

Also Read More:

 



Upaya saya berlanjut, meskipun tersebar selama berbulan-bulan, dalam perjuangan saya yang benar untuk kesopanan bersama. Saya mencoba bernegosiasi. Saya terlambat bekerja beberapa kali karena saya mengantarnya setengah jalan menuruni blok dalam perjalanannya ke mana pun dia bekerja, mencoba berbicara masuk akal kepadanya. Dia memiliki bakat ini untuk menghindari pertanyaan saya, mengangkat bahu dari tuduhan, salah mengarahkan analogi dan pada dasarnya, tanpa pernah merangkai lebih dari tujuh kata bersama-sama (saya hitung), sehingga sangat sulit untuk mengutuk dia dan pianonya seperti yang ingin saya lakukan.


Tetapi suatu hari, saya melihat ke atas dari obsesi saya dan menemukan satu tahun telah berlalu. Menjatuhkan diri di tempat tidur, saya memeriksa arloji saya dan menunggu- ya, ada bunyi klik pintunya. Saya tidak bisa membawa diri saya untuk bangun untuk melakukan gangguan berisik sebelum dia mulai bermain. Apakah itu dia? Skalanya terdengar begitu rata, oktafnya pasti, arpeggio pasti. Aku memejamkan mata. Ini tidak terlalu buruk. Lagi. Entah bagaimana, sementara saya sibuk mengamankan kedamaian dan ketenangan saya, saya telah mengabaikan aspek ini. Mungkin saya akan menyatakan gencatan senjata besok, Saya pikir, membandingkan pianis ini dengan orang yang telah pindah pada tahun sebelumnya.


Satu gerakan berakhir, dan yang lainnya dimulai, dengan mulus. Saya menyadari, mendengarkan, bahwa pada titik tertentu, saya mulai menikmati persaingan saya dengan pianis. Saya tidak lagi terganggu oleh ritme dan akord yang melayang di dinding. Saya hanya berharap untuk memusuhi pianis itu sendiri.


Piano berhenti sebelum waktunya malam itu. Saya tidak punya waktu untuk memikirkannya; presentasi saya tentang strategi pemasaran baru yang harus saya sajikan keesokan harinya membuat pikiran saya terisi penuh hingga pagi-pagi keesokan harinya, ketika saya terlalu lelah untuk bertanya-tanya tentang suara furnitur yang dipindahkan di apartemen sebelah. Saya tidur melalui alarm saya keesokan harinya, dan, berlari keluar dari gedung apartemen dengan sepatu di tangan kiri saya dan bagel di tangan kanan saya, menjawab cara pianis terlalu ceria "Selamat pagi" dengan mendengus.


Sembilan jam kemudian, saya menyusuri lorong, memeriksa jam tangan saya dan mengukurnya terhadap ritual harian pianis. Saya punya waktu tiga puluh menit sampai dia bahkan sampai di rumah, empat puluh sampai dia mulai bermain. Jadi mengapa dia bersandar di pintunya, mengantongi ponselnya saat dia melihatku mendekat?


Saya mendapati diri saya tersenyum sedikit, saat saya meraba-raba saku saya untuk kunci saya. "Hei, aku akan menyebutkan ... permainan piano Anda? Tidak setengah buruk, baru-baru ini." Hebat Saya pikir, itu tidak canggung sama sekali.

 

Dia mendengus pelan. "Terima kasih, saya pikir. Senang kau bertahan untukku selama ini, kalau begitu?"


"Saya tidak akan melangkah sejauhitu. Itu adalah beberapa bulan yang sulit ketika Anda pertama kali pindah ... dan kurasa aku tidak menjadikannya yang termudah, ya?"


"Kamu adalah musuh yang tangguh."


"Apakah? Anda berasumsi saya berhenti? Saya hanya mengubah taktik. Saya sudah memulai petisi online. Apakah Anda ingin menandatangani?"


Dia memutar matanya. "Seharusnya sudah tahu." Dia menyesuaikan kacamata kawatnya dan memasukkan tangannya ke dalam saku. "Yah, kupikir aku harus memberitahumu, kamu tidak perlu khawatir tentang pianis ini lagi. Sewa saya sudah habis dan saya memiliki tetangga yang mengerikan ini yang memulai petisi online untuk membuat saya dikeluarkan dari apartemen ini. Mudah-mudahan penyewa berikutnya tidak bermain gitar atau semacamnya." Matanya menertawakanku. Pikiran saya mencatat bahwa berita ini mengganggu saya lebih dari yang seharusnya, dan juga bahwa ini adalah yang paling dia bicarakan dengan saya pada satu waktu sejak dia tiba.


"Aduh. Kalau begitu, semoga berhasil, kurasa."


"Anda kira?"


Saya mengangkat bahu. Kemudian, dengan tergesa-gesa: "Apakah bermain piano itu benar-benar hanya ... membuatmu bahagia?"


Alisnya terangkat, tidak mengharapkan pertanyaan itu. Itu adil. Saya juga tidak mengharapkannya. "Iya. ya itu benar."


"Kalau begitu, tentu. Semoga berhasil. Saya senang Anda akan mempertahankannya."


"Tentu saja. Yah, mungkin aku akan melihatmu berkeliling?"


New York adalah kota yang sangat besar, akan menjadi kebetulan yang langka jika kita pernah bertemu lagi. Saya meragukan peluangnya. "Ya, mungkin." Dia mengangguk, melambai dengan canggung, lalu ambles di lorong yang panjang. Saya akan merindukan piano. Pianis. Mereka telah mengalihkan perhatian saya. Tidak ada orang lain yang mengunjungi apartemen saya, tetapi musiknya tidak. Mereka adalah bukti bahwa seni ada, bahkan di gedung apartemen yang menjemukan yang menyedot tabungan Anda, bahkan dalam karier yang membayar terlalu sedikit untuk stres. Saya telah kehilangan bagian kecil dari hidup saya, tetapi itu telah meninggalkan celah kesepian yang tidak proporsional di dalamnya.


Jadi saat dia berjalan menuruni tangga untuk terakhir kalinya, saya membuka kunci apartemen saya untuk kesejuta kalinya, dan kemudian, mengejutkan diri saya sendiri, saya menyalakan sampul piano Frank Sinatra dan mendengarkan, benar-benar mendengarkan, untuk pertama kalinya.



."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Pusing Blogger